5 Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Ngeplong

Bagi pemain baru biasanya masih belum tahu apa itu ngeplong. Istilah kenari ngeplong ialah sebutan untuk burung kenari yang sudah mampu berkicau dengan kualitas suara kicauan yang keras dan lantang, hal demikian itu juga sering dinamakan “ ngedder ” oleh para pecinta burung cantik pemakan biji ini. Secara umum di alam bebas seekor kenari bisa dikatakan dewasa jika usianya sudah mencapai 7 – 8 bulan. Pada umur tersebut seharusnya mereka telah mampu berkicau ngeplong dengan suara lantang sebab sudah dewasa.

Dalam merawat burung kenari agar cepat ngeplong tentu dibutuhkan perawatan yang baik dan teratur. Merawat kenari bisa dikatakan perpaduan antara kesenian, ilmu dan pengalaman. Bagi mereka yang sudah banyak pengalaman serta memiliki pengetahuan serta tingkat kreatifitas lebih tinggi dalam merawat kenari, maka biasanya burung peliharaannya akan menjadi kicauan yang berkualitas lantaran telah dirawat dengan baik dan benar tanpa asal-asalan pastinya.

cara merawat kenari agar ngeplong

Sebelum kenari berkicau ngeplong biasanya ia akan belajar bunyi dulu yang dikenal dengan istilah ngeriwik. Nah ngeriwik itu sendiri merupakan fase kedua yang lalu kemudian diikuti dengan suara ngeplong atau ngedder. Saat pertama kali kenari anakan bersiul ia hanya akan berbunyi cuap-cuap saja. Pada saat ia belajar berkicau mulai dari cuma bunyi cuap-cuap dan ngeriwik itulah perlu diberikan perawatan yang tepat mulai dari makanan yang disajikan, penjemuran dan sebagainya. Berikut ringkasan lengkapnya biar kenari ngeplong.

Cara Merawat Kenari Agar Cepat Ngeplong

1. Sajikan makanan ektrafooding
Pakan tambahan yang sangat baik guna kenari cepat ngeplong ialah sering memberikan telur puyuh, kroto atau ulat hongkong. Pada saat ia masih muda merupakan waktu yang tepat untuk sesering mungkin memberikan ia makanan tambahan seperti di atas agar kelak dewasa ia akan terus doyan memakan EF tersebut. JIka sejak kecil tidak dibiasakan diberikan ef seperti itu maka saat dewasa ia enggan memakannya. Selain itu ef tersebut dapat membuatnya cepat ngeplong tentunya. Dan tak lupa berikan juga irisan apel dan sawi.

2. Jemur kenari secara rutin setaip hari
Penjemuran kenari baik untuk burung muda atau tua pun tidak dapat dianggap remeh, pasalnya dengan dilakukan penjemuran secara rutin tiap hari maka akan membuat burung gacoran senantiasa sehat dan pastinya mampu membuat si mungil kenari cepat ngeplong. Setidaknya jemurlah burung kesayangan anda kurang lebih 2 jam-an setiap pagi.

3. Dongkrak tingkat birahinya
Biasanya seekor burung kenari yang tak kunjung ngeplong lantaran ia kurang birahi. Jika umurnya masih terlalu muda abaikan sebab burung muda belum berbirahi. Jika usianya sudah cukup dewasa namun kurang birahi maka segera terapi dengan pakan ef seperti di atas namun harus diimbangi dengan penjemuran agar ia tak terlalu gemuk, karena jika ia kegemukan akan malas berkicau. Lihat juga Cara agar birahi kenari meningkat.

4. Sandingkan dengan kenari gacor lainnya
Tips ampuh lainnnya ialah menyandingkan burung muda yang belum ngeplong dengan burung yang sudah gacor, akan tetapi tidak boleh terlalu dekat agar mental tempurnya tidak drop. Dengan begitu ia akan mendengarkan lalu menirukannya.

5. Berikan biij-bijian komplit
Biji-bijian mix sebagai sarana penunjang agar kondisi badannya tetap fit dan sehat. Biji-bijian itulah merupakan pakan utama bagi burung bertubuh mungil ini. Walaupun anda menambahkan banyak makanan extrafooding namun mengabaikan pakan berupa biji ini maka hasilnya juga kurang maksimal.

Cukup sekian ulasan mengenai cara merawat kenari agar ngeplong. Berharap setelah burung andalan anda dirawat sedemikian rupa makin cepat ngeplong hingga pada akhirnya gacor setiap saat baik di rumah maupun di arena perlombaan. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter