Inilah Manfaat Buah Apel Untuk Burung Kenari

Buah apel memiliki segudang manfaat bagi manusia lantaran kandungan nutrisinya yang unik. Buah apel ini sangat disukai oleh banyak orang, rasanya manis asam namun ada juga yang berasa manis tanpa ada kecut-kecutnya nah yang demikian itu biasanya apple impor. Selain manusia hewan pun doyan memakan buah apel yang terasa manis asam itu salah satunya ialah si mungil burung kenari. Iya burung kenari memang gemar menyantap apel sebagai pakan tambahannya.

Mungkin bagi mereka yang belum pernah memelihara kenari setengah percaya kalau ternyata burung kenari suka makan buah apel. Namun begitulah kenyataannya si burung cantik itu kerap disuguhi apple fruit oleh para breeder agar ia mendapatkan asupan vitamin serta mineral dari buah yang banyak dibudidayakan di kota Malang tersebut. Apel tak hanya bermanfaat bagi manusia bagi burung pun bermanfaat pula. Lantas apa manfaat buah apel untuk kenari. Lihat informasinya di bawah ini.

manfaat apel untuk kenari

Manfaat Buah Apel Untuk Kenari

1. Meningkatkan mood kenari untuk rajin berkicau atau rajin gacor ngerol.

2. Sebagai anti oksidan alami bagi burung sebab buah ini mengandung quercetin sehingga burung bisa jadi lebih kuat daya tahan tubuhnya sehingga lebih kuat pula terhadap serangan penyakit.

3. Melancarkan pencernaan sebab apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Bisa juga sebagai pakan diet alami nya terlebih jika kenari kegemukan disarankan diberikan buah apel ini.

4. Membersihkan rongga tenggorokan, sehingga dapat menjadikan suara kicaunya terdengar lebih bening karena buah ini memiliki kandungan zat tanin.

5. Memenuhi kebutuhan vitamin, apple kaya vitamin B1,B2,B3,B5,B6, A dan C. Maka dapat menjdikan burung kicuan lebih sehat dan segar.

6. Dapat menyehatkan mata sehingga mata burung jadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit mata sepeti snot.

Itulan beberapa poin tentang manfaat buah apel untuk burung kenari. Dalam merawat kenari pakan ekstrafooding memang tak dapat dipisahkan. Disamping makanan buah-buahan dapat memberikan manfaat positif bagi burung kicauan ternyata manfaat lainnya agar burung peliharaan tidak merasa bosan sama makanan kesehariannya. Bayangkan saja jika ia hanya diberi satu jenis biji-bijian maka ia pun bisa kurang bersemangat menikmati makanannya. Adapun cara menyajikan buah apple pada kenari piaraan sangatlah mudah gak pakai ribet.

Cara Memberikan Apel pada Kenari

1. Pilihlah buah apel yang bagus bisa dilihat pada bagian luarnya yang terlihat bersih, agak keras dan pastinya tidak busuk.

2. Cuci hingga bersih lalu belah jadi dua kemudian iris secukupnya atau dipotong dengan ukuran sedang lalu digantung di dalam sangkar.

3. Sebelum diberikan pada kenari bersihkan dulu dari biji nya, menurut para ahli biji apel mengandung zat racun berbahaya.

4. Sore hari buang sisa buah apple agar tidak mengundang serangga atau semut.

Demikian pembahasan singkat mengenai manfaat apel untuk kenari. Semoga bermanfaat. Salam kenarimania.com

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter