7 Manfaat Ulat Hongkong Untuk Burung Kenari

Burung kenari yang berperawakan cantik dan piawai dalam berkicau ngerol itu sudah diidentik dengan kicauan pemakan biji-bijian namun bagaimana ceritanya jika ia diberikan makanan yang tak berupa biji melainkan sejenis ulat yakni Ulat Hongkong. Seperti dikutip dari blog luar negeri bahwa sebagaian penangkar disana telah terbiasa memberikan ulat hongkong pada kenari peliharaannya. Memang apa sih manfaat ulat hongkong untuk kenari, itulah pokok bahasan yang kan di ulas Kenari Mania kali ini.

Di Indonesia sendiri bisa dikatakan masih jarang breeder menghidangkan ulat hongkong pada kenari peliharaannya dan sebagaian kecil pakan berupa ulat hongkong ini menuai pro dan kontra lantaran mereka beranggapan Kenari merupakan bukan burung pemakan daging jadi kurang bagus dan tidak diperkenankan ia mengonsumsi ulat hongkong ini. Namun sedikit berbeda dengan para penangkar di mancanegara yang sudah biasa memberikan meal worm atau ulat hongkong pada burung finch peliharaannya.

manfaat ulat hongkong untuk kenari

Di alam bebas burung pemakan biji ini kerap menangkap serangga kecil sebagai makanan tambahan jadi tidak masalah jika ia mengkonsumsi Ulat Hongkong hanya saja porsinya tidak boleh berlebih. Kita tahu kandungan protein kasar Ulat Hongkong terbilang cukup tinggi yakni berkisar 48 – 50% sehingga sangat baik untuk menunjang kesehatan dan reproduksi si mungil kenari tersebut apalagi jika diberikan pada kenari muda maka pertumbuhan nya bisa semakin maksimal. Namun kandunagan lemaknya juga tiggi jadi jangan berlebihan dalam pemberiannya jika tidak ingin berdampak buruk.

Berikut Manfaat Ulat Hongkong Untuk Kenari
  • Menigkatkan hasrat untuk kawin kata lain meningkatkan birahi.
  • Meningkatkan mood untuk gacor.
  • Memabantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  • Membuat pertumbuhan burung muda makin optimal.
  • Sebagai penghangat tubuh, sehingga baik pula diberikan pada waktu musim hujan.
  • Membantu menggemukan burung yang kurus atau nyilet.
  • Salah satu ekstrafooding berkualitas bagi kenari.
Beberapa poin di atas merupakan manfaat atau khasiat ulat hongkong bagi kenari peliharaan. Jadi ulat UH ini tidak hanya diperkenankan untuk dihidangkan pada jenis burung pemakan daging atau serangga saja. Bagi kenari pun boleh bahkan sangat dianjurkan. Selain UH anda boleh menggantinya dengan Ulat Kandang dari segi tekstur dijamin lebih lembut dari pada UH.

Cara Memberikan Ulat Hongkong pada Kenari

Bagi kenari dewasa yang tak pernah makan ulat hongkong semenjak kecil maka ia akan menganggap Ulat Hongkong adalah mahluk hidup yang aneh bahkan tak jarang ia akan terus mengawasinya dengan perasaan sedikit penasaran. Dan UH tersebut tidak akan langsung dimakannya. Biasanya selang beberapa jam atau hari ia pun akan menyantapnya juga. Tapi tidak ada jaminan kapan ia akan mulai mau mengonsumsi Ulat hongkong selain pakan biji-bijian.

Akan tetapi ada cara jitu jika anda ingin kenari kesayangannya doyan makan ulat hongkong setelah dewasa adalah biasakan ia diberi pakan UH sejak masih anakan. Dengan begitu maka ia akan terbiasa memakan ulat hongkong sebagai ektrafoodingnya dan tak mengangapnya aneh lagi. Namun perlu diingat pula dalam porsi pemberian janganlah berlebihan diberikan secukupnya saja kurang lebih 3 ekor seminggu 3 kali. Demikian ulasan manfaat ulat hongkong untuk kenari. Semoga bermanfaat.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter