Tips Memilih Sangkar Burung Pleci yang Baik dan Ideal

Kandang atau sangkar pleci menjadi salah faktor penting guna menunjang kesehatan dan tingkat kegacoran burung pleci itu sendiri. Jadi sebelum anda mulai merawat atau membeli pengicau mungil yang juga sering disebut burung kacamata ini terlebih dahulu anda menyediakan sangkar pleci yang ideal untuknya, agar si mungil pleci tersebut betah dan merasa nyaman tinggal di dalamnya. Dan sesuaikan pula dengan tujuan anda dalam merawat burung pleci tersebut.

Jika keinginan anda merawat pleci untuk ikutan lomba burung kicau sebaiknya anda pilih Sangkar Pleci khusus lomba. Bila ingin beternak tentunya sangkar yang dipilih adalah khusus penangkaran yang biasanya bentuk dan motifnya terlihat lebih sederhana tanpa adanya ukiran atau variasi yang menghiasi permukaan sangkar. Begitu juga bila anda hanya untuk klangenan dirumah anda boleh menggunakan sangkar harian yang bisanya juga tampak polos dan simple.

Berikut Beberapa Model Sangkar Pleci Sesuai Fungsinya

1. Sangkar pleci lomba

sangkar pleci lomba

Rumah pleci spesial satu ini biasanya banyak digunakan plecimania untuk mengikuti sebuah kontes. Adapun kelebihan dari sangkar pleci lomba adalah dari segi motif sangat menarik karena dihiasi dengan beberapa aksen atau variasi ukiran yang menjadi pemanisnya. Sebetulnya dari segi model cukup beragam ada yang berbentuk kotak dan bundar materialnya pun ada yang dari besi dan kayu. Jadi sesuaikan dengan selera masing2. Mengenai kisaran harganya relatif mahal karena memang proses pembuatannya cukup rumit.

2. Sangkar pleci harian

kandang pleci harian

Kandang satu ini umumnya banyak digunakan hanya sebatas untuk rawatan harian di rumah. Meskipun ada juga di lapangan rekan-rekan pecinta pleci menggunakan sangkar sederhana seperti di atas untuk kontes. Sebab banyak pula yang menyukai dengan bentuk yang polos dan sederhana. Namun para pleci mania kebanyakan menggunakan sangkar pleci khusus lomba untuk kontes yang biasanya terlihat lebih menarik dan istimewa.

3. Sangkar pleci untuk ternak


Kandang seperti ini banyak digunakan untuk penangkaran pleci. Sangkar ini memang sama dengan kandang ternak kenari kebanyakan . Ya karena untuk beternak pleci cukup menggunakan sangkar yang biasanya digunakan pada penangkaran kenari seperti pada gambar tersebut. Anda juga bisa mengunakan yang lain seperti kandang lovebird khusus penangkaran untuk ternak pleci.

Ciri-ciri sangkar pleci yang baik

1. Ukurannya ideal tidak terlalu kecil atau besar.
2. Dibuat dari kayu berkualitas seperti jati.
3. Memiliki nampan kotoran yang baik, dsb.

Demikian sharing KenariMania kali ini tentang tips cara memilih sangkar pleci yang baik. Semoga ulasan di atas bisa anda jadikan refrensi saat hendak membeli maupun memesan model sangkar baik pada pengrajin maupun toko penjual sangkar. Mengenai selera tentunya setiap orang berbeda. Jadi tentukan pilihan sesuai selera dan kebutuhan.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter