6 Ciri-Ciri Blackthroat Jantan dan Betina yang Akurat

Blackthroat jantan dan betina - Banyak pecinta burung kicau yang langsung jatuh hati pada burung blackthroat yang berciri khas kerongkongan warna hitam ini, lantaran suara ngerol panjangnya terbilang sangat unik dengan karakternya bernada cepat, rapat dan merdu. Namun tahukah anda?. Hanya blackthroat jantan yang mampu berkicau dengan kualitas terbaik, baik dari segi lagu maupun volumenya  suara nyanyiannya.

Oleh karena itu, anda wajib memilih blackthroat jantan jika ingin memeliharanya baik untuk klangenan atau pelipur lara di rumah ataupun untuk dijadikan sebagai burung master bagi kenari. Terkecuali anda ingin menangkarnya, maka harus menyiapkan blackthroat jantan dan blackthroat betina. Bagi anda yang masih belum tahu perbedaan blackthroat jantan dan betina anda sekarang berada di blog yang tepat.

blackthroat jantan dan betina

Di kesempatan kali ini saya akan berbagi tips jitu cara membedakan blackthroat jantan dan betina. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman agar lebih mudah menentukan jenis kelamin burung blackthroat. Baiklah perhatikan ulasan selengkapnya berikut.


Cara Membedakan Blackthroat Jantan dan Betina

A. Ciri-ciri blackthroat jantan
  1. Posturnya tampak lebih tegap, besar dan panjang.
  2. Ukuran kepala relatif lebih besar dengan bentuk lonjong.
  3. Memiliki leher yang lebih panjang.
  4. Blackthroat jantan dewasa memiliki pen atau alat kelamin menonjol ke luar.
  5. Pada jantan dewasa warna hitam di kerongkongan terlihat lebih pekat.
  6. Suara kicaunya keras, bervariasi dan berdurasi panjang serta tidak putus-putus.

B. Ciri-ciri blackthroat betina
  1. Posturnya relatif lebih kecil dan mbulat.
  2. Ukuran kepalanya cendrung kecil dan bulat.
  3. Lehernya tampak lebih pendek.
  4. Pada blackthroat betina dewasa kloaka atau dubur tampak datar.
  5. Pada betina dewasa warna hitam di kerongkongannya tampak samar.
  6. Suara kicaunya kurang lantang dan cendrung monoton alias tidak banyak variasi.

Beberapa ciri di atas bisa menjadi acuan yang cukup efektif dan akurat untuk dapat membedakan blackthroat jantan dan betina, khususnya bagi burung yang sudah dewasa. Sementara untuk blackthroat anakan atau muda yang belum matang kelamin, maka karakteristik pada bulu seperti noktah hitam di bawah dagu dan ven / pen kelamin jantan kurang begitu jelas. Tapi ciri umum anakan blackthroat jantan atau remaja adalah rajin ngeriwik dengan volume suara lebih keras dan panjang dibandingkan anakan betina.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter