8 Ciri-Ciri Burung Mozambik Asli dan Palsu

Burung mozambik adalah salah satu jenis burung kicau yang juga punya kualitas tersendiri ketika melantunkan suara nyanyian khasnya. Pengicau mungil yang memiliki ciri khas warna bulu yang cukup cantik ini juga termasuk dalam golongan burung finch yang berasal dari Afrika. Wah, negara Afrika memang tempatnya burung kicau bertalenta ya!.

Mozambik atau kenari mozambik dalam bahasa latin dinamakan Serinus mozambicus. Sedangkan dalam literatur perburungan internasional disebut Yellow fronted canary. Namun ada pula yang menyebutnya dengan sebutan Green singing finch. Terlepas dari berbagai nama yang disandangnya, Mozambik termasuk pengicau yang memiliki keunggulan dalam berkicau dengan karakter ngerol panjang.

burung mozambik

Jika kita amati pada penampilan postur tubuhnya terlihat mirip dengan kenari, blackthroat dan sanger walaupun dengan motif dan warna bulu yang sangat berbeda. Melihat bentuk paruh burung mozambik yang tampah kokoh dan tajam itu sudah bisa kita tebak bahwa makanan utama burung mozambik ialah biji-bijian.

Penangkaran burung mozambik juga relatif mudah dimana proses dan caranya juga sama dengan pembudidayaan kenari. Asalkan kedua induk jantan dan betina sudah dewasa dan siap kawin, maka keduanya akan lebih mudah berkembang biak meski hanya diternak pada sangkar gantung. Dan harga burung mozambik relatif terjangkau. Kendati demikian cukup sulit untuk mencarinya di pasaran karena terbilang langka.

Bagi anda yang mungkin masih belum kenal betul sama burung mozambik. Alangkah baiknya jika anda mengetahui ciri-cirinya seperti apa. Pasalanya ada 2 jenis finch lain yang mempunyai kemiripan motif dan warna bulu. Dua burung kembaran mozambik ialah kenari brimstone dan kenari white bellied. Jadi biar anda makin paham dan tidak keliru saat akan membeli mozambik sebaiknya anda simak ciri-ciri burung mozambik asli pada gambar berikut.
gambar burung mozambik
Gambar Burung Mozambik Asli (omkicau)

Ciri-Ciri Burung Mozambik

  1. Postur tubuh sekitar 10-13 cm.
  2. Punggung berwarna hijau.
  3. Bagian dada, perut dan pantat tampak kuning.
  4. Kepalanya berwarna kuning.
  5. Mahkota di atas kepala terlihat abu-abu.
  6. Di bagian tengkuk juga berwarna abu-abu dengan garis hitam memanjang.
  7. Ciri-ciri mozambik jantan adalah warna bulu lebih tegas ketika sudah dewasa dan.
  8. Ciri-ciri mozambik betina adalah warna bulunya cendrung kusam atau pudar.

Demikianlah ulasan seputar burung mozambik beserta karakteristiknya. Semoga informasi di atas bisa menjadi tambahan wawasan bagi rekan-rekan semua khususnya yang belum mengenal sebelumnya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter