10 Ciri Kenari Jantan dan Cara Membedakan Kenari Jantan Akurat!

Hallo semua, selamat datang di blog Kenari Mania. Oke di kesempatan kali ini saya mau sharing mengenai ciri-ciri kenari jantan atau cara membedakan kenari jantan dan batina berdasarkan fisik, suara dan tingkah lakunya yang efektif dan akurat.

Topik ini kembali saya angkat memingat masih banyak pemula yang cukup kesulitan dalam menentukan jenis kelamin burung kenari, terlebih disaat hendak memilih kenari jantan muda / bakalan di sangkar ombyokan.

burung kenari jantan

Buat kalian yang sebelumnya belum tahu seperti apa ciri khusus pada burung kenari anakan / remaja mulai dari usia 1,2,3,4 dan 5 bulan, pastinya sobat akan sangat kesulitan untuk bisa membedakan jantan betinanya. Dan tak jarang banyak diantara mereka akhirnya salah pilih. Inginnya membeli burung kenari jantan malah dapat yang kenari betina. Hemm nyesel kan!.

Dalam dunia burung kicau seorang hobis sebaiknya harus mampu membedakan jenis kelamin burung yang dipeliharanya. Dalam kasus ini tentu sobat sebagai pecinta burung kenari harus bisa juga dong cara membedakan burung kenari jantan dan betina. Karena hal ini merupakan langkah awal yang seharusnya anda pahami sebelum memulai memeliharanya baik untuk tujuan penangkaran maupun keperluan kontes.

Dengan mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan betina dengan mudah tentu hal ini menjadi poin penting buat anda. Karena jika anda sudah paham akan tanda-tanda mana pejantan dan mana betina tentunya anda akan lebih mudah dalam memberikan pola perawatan buat si kenari. Dan perlu diingat bahwa burung kenari jantan selalu jadi nomor 1 dalam berkicau dibandingkan dengan kenari betina.

Jadi pastikan selalu pilih burung kanari jantan jika anda menginginkan untuk diikutkan kontes suara kicauan maupaun untuk dijadikan burung hias di rumah. Karena kenari jantan sangat pandai sekali dalam melantunkan suara gacor ngerol panjang. Kemampuan dalam hal berkicau itulah menjadi salah satu keunggulannya dibandingkan dengan kenari betina. Berikut tips jitu dari kenarimania!.

Ciri-Ciri Kenari Jantan Anakan/Bakalan/Muda yang Akurat


1. Jika anda anda seorang peternak pumula, perhatikan perutnya bagian bawah pada piyik kenari yang baru berusia sekitar 1 minggu. Jika terlihat ada garis berwarna hitam di perut menuju kloaka itu berarti kenari jantan. Bila tidak ada garis hitam tersebut ber arti betina.

2. Bentuk kepala anakan kenari jantan terlihat datar, cepak atau pipih pada bagian atasnya. Dan ukuran kepalanya lebih besar. Sementara pada anakan kenari betina bentuk kepalanya itu tampak bulat dan lebih kecil.

3. Pada kenari jantan posisi mata dan paruh terlihat sejajar bila kita perhatikan dari samping. Sementara pada burung betina posisi matanya terlihat lebih tinggi dari paruhnya. Hal ini terjadi lantaran bentuk kepala pada kenari betina bentuknya cendrung bulat. Sementara bentuk kepala kenari jantan cendrung berbentuk kotak dan rata di sisi atasnya.

4. Kenari jantan muda bisa ngeriwik / belajar bunyi dengan suara lebih keras dan cendrung panjang-panjang hingga akhirnya ia mampu bunyi ngerol panjang tanpa putus saat dewasa. Sedangkan pada kenari betina muda jarang ngeriwik, jikapun ngriwik suaranya lebih kecil dan putus-putus.

5. Semisal dalam satu sarang ada 4 ekor anakan maka untuk untuk memilih yang jantan usahakan pilih yang postur badannya paling besar, panjang dan tegak, kaki lebih tinggi, warna bulu khususnya di sekitar kepala lebih terang dan tegas. Serta pilih juga yang berkepala dengan bentuk kontak dan cepak.

6. Cara memilih kenari jantan muda di kandang ombyokan idealnya sebagai berikut: pilih yang rajin ngeriwik, suara ngriwiknya keras dan panjang-panjang, kepalanya besar, leher besar dan bulu leher lebat, bodi lebih besar nan panjang, dada bidang, bulu bersih, kedua sayap mengepit rapat, sebaiknya pilihlah yang memiliki warna unik seperti kenari panda karena secara penampilan memang tampak cantik.

Selain warna panda ada juga warna kenari lokal lain yang tak kalah menarik dan dinilai lebih cepat ngeplong dan gacor yakni memilih burung kenari jantan berwarna gelap seperti Kenari Isabel, Starblue, Bon dan Romeo. Tapi buat anda yang lebih menyukai warna cerah dan bersih sebaiknya anda pilih kenari putih, kuning, sunkis, orange maupun merah. 

Ciri-Ciri Kenari Jantan Dewasa / Ngerol Panjang


1. Membedakan kenari jantan dan betina saat dewasa adalah cara paling mudah. Karena hanya dengan mendengarkan suara kicauannya anda sudah pasti bisa menentukan jenis kelaminnya. Karena ciri khusus pada burung kenari jantan ialah suara ngerol panjang. Jadi jika anda melihat ada seekor burung kenari yang gacor dengan suara roll panjang, maka itu bisa dipastikan bahwa ia berjenis kelamin jantan.

Tapi perlu anda tahu juga bahwa ada kenari betina yang juga bisa ngerol namun suara ngerolnya itu cendrung putus-putus dan tidak sepanjang dan seistimewa pada burung pejantan. Nah jika anda memiliki burung kenari betina yang pandai ngerol wah mantap sekali itu buat dijadikan indukan, biasanya anakannya lebih cepat ngeplong dan gacor. Admin sudah membuktikannya.

2. Ciri termudah kedua adalah perhatikan bentuk kloaka/duburnya. Jika kloakanya menonjol kedepan itu artinya jantan. Jika bentuk dubur atau kloakanya datar atau rata berarti betina.

3. Kenari jantan saat mulai birahi dan ingin kawin, maka ia akan sering melompat-lompat di dasar sangkar dan ngeruji sembari berkicau.

4. Kenari batina ketika sudah birahi, maka tingkah lakunya akan terlihat sering ngeleper dan sesekali menaikan ekornya (mau kawin) disaat melihat dan mendengar kicauan ngerol kenari jantan.

Keunggulan Kenari Jantan dibandingkan Kenari Betina


a. Keunggulannya terletak pada kemampuan berkicaunya yang dahsyat yaitu mampu berkicau dengan suara ngerol panjang tanpa putus dengan irama lagu yang merdu. Karena itulah burung kenari jantan selalu diandalkan dalam perlombaan burung kenari.

b. Harga burung kenari jantan lebih mahal ketimbang kenari batina. Hal ini tidak lepas dari kualitas yang ada pada diri burung pejantan.

Oke segitu dulu pembahasan kita kali ini, Saya berharap kini anda sudah lebih mengerti tentang bagaimana mengetahui perbedaan ciri-ciri kenari jantan dan betina dengan mudah.

Informasi ini juga penting diterapkan jika anda ingin mulai ternak burung kenari agar bisnis penangkaran kenari yang digeluti bisa sukses dan dapat meminimalisir kerugian materi, waktu dan tenaga karena salah dalam melakukan penjodohan karena tidak tahu ilmunya dalam membedakan jenis kelamin kenari dengan benar dan akurat. Semoga ada manfaatnya.

Share Ke :

Facebook Google+ Twitter